Minggu, 25 Maret 2012

Mutiara….Primadona Pulau Lombok

-->
Mutiara….Primadona Pulau Lombok

Berwisata, tak lengkap rasanya jika tidak berdampingan dengan belanja. melihat dan memilih souvenir yang khas suatu daerah, menjadi daya tarik tersendiri.

Sentra kerajinan mutiara khas Lombok Nusa Tenggara Barat, letaknya memang tidak persis di pusat Kota, namun kampung kecil yang berjarak 4 km dari Kota Mataram Nusa Tenggara Barat ini, sudah sangat kemilau namanya. Y..Sekarbela, sejak jauh hari sudah tersohor sebagai kampung mutiara, sebab puluhan toko perhiasan mutiara berderet di kiri dan kanan jalan memamerkan kemilau aneka jenis mutiara. Mutiara merupakan primadona pulau Lombok dan ditetapkan sebagai Icon Visit Lombok Sumbawa 2012.

Sekarbela sebenarnya nama salah satu lingkungan di Kelurahan Karang Pule, Kecamatan Ampenan, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat. Daerah ini memiliki luas 10,32 km2. Hampir 90% warganya menggeluti usaha rumah tangga beromzet hingga ratusan juta rupiah baik sebagai pengrajin, penyetok bahan baku maupun pengusaha.

Begitu memasuki jalan utama di kampung tersebut, tepatnya di jalan sultan kaharudin, anda akan disambut dengan deretan toko yang sekaligus digunakan sebagai showroom berbagai macam perhiasan termasuk mutiara khas lombok yang dijuluki mutiara laut selatan”.

Etalase perhiasan emas dan mutiara sudah terlihat sangat jelas. Kesan pertama melihat sentra kerajinan mutiara di daerah ini adalah kagum dan terpesona. Kemilau mutiara nan cantik dengan warna-warna yang menarik dan desain yang unik tentu saja menjadi daya pikat untuk memilikinya.

Berbagai model mutiara ditawarkan disini untuk membuat anda tergoda. Pada umumnya mutiara tersebut dibalut dengan kilauan emas atau perak untuk mempercantik penampilannya. Untuk mutiara disediakan dua jenis, yaitu mutiara air laut dan mutiara air tawar.

Untuk membedakan kedua mutiara ini bisa dilihat dari kilauan, berat dan kualitasnya. Mutiara air laut mempunyai kualitas yang baik dan harganyapun cukup tinggi, biasanya dihitung per gram yang harganya  mencapai ratusan ribu rupiah. Mutiara air laut ini juga ada tingkatan sesuai dengan kualitasnya, semakin bulat bentuk mutiara yang didapat maka akan semakin mahal harganya. Untuk warna mutiara asli, disini terdapat tiga pilihan, yakni putih, emas(gold) dan silver.

Butiran mutiara-mutiara cantik ini dipadukan dengan emas kuning,emas putih maupun perak menjadi liontin, giwang,gelang,bros dan masih banyak lagi aksesoris lainnya.
Konon, mutiara-mutiara khas lombok salah satu mutiara yang terbaik di dunia.

Selain mutiara air laut, juga disediakan mutiara air tawar. mutiara ini lebih terjangkau harganya, warnanyapun sangat bervariasi dibandingkan dengan air laut. biasanya tempat mutiara ini dibedakan sehingga anda mudah mengenalinya.

Selain kerajinan mutiara dibuat oleh masyarakat disekarbela, tetapi ada juga rangkaian perhiasan yang didatangkan dari luar negeri misalkan hongkong. Walaupun menggunakan rangkaian dari luar negeri tapi tetap memperlihatkan mutiara lombok yang khas. Dan ini membuat mutiara lombok menjadi lebih cantik lagi.

Berwisata di Kampung Mutiara Sekarbela memberikan pengalaman dan keindahan tersendiri. kilauan mutiara dari setiap showroom yang ada di daerah ini sangat menarik perhatian, Bagi anda pecinta mutiara jangan lupa untuk mampir ke kampung mutiara lombok y.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar