Sabtu, 29 Desember 2012

Pantai Jelenga Sumbawa Barat

-->

Eksotisme Pantai Jelenga Sumbawa Barat


Industri pariwisata kabupaten sumbawa barat kini mulai menggeliat, para wisatawan minat khusus kini tak hanya memilih pantai lakey yang dikenal sebagai tempat bermain surfing para peselancar dunia. Terumbu karang yang bisa ditemukan di hampir sepanjang pantai yang membentang sepanjang 80 kilometer dari talonang hingga poto tano merupakan lokasi wisata menyelam dan tempat bermain selancar.
Di antara sejumlah lokasi surfing yang cukup menantang di kabupaten sumbawa barat  adalah pantai sekongkang yang dikenal dengan ombak yoyo's,,pantai maluk dengan ombak super suck dan donut, serta pantai jelenga yang memiliki scar reef.


Pantai Jelenga terletak di desa jereweh kabupaten sumbawa barat tidak kalah eksotis dengan pantai yang lain. Semakin berjalan menuju arah barat menuju ke pantai jelenga, kita akan membutuhkan waktu perjalanan sekitar 30 menit dari kota taliwang.
Sepanjang perjalanan menuju ke pantai jelenga,kita akan disuguhkan panorama alam yang luar biasa, barisan perbukitan yang berjejer kokoh, memberikan kesan tersendiri berlibur di kawasan ini, dan kanan- kiri jalan kita juga bisa melihat rerimbunan pepohonan di setiap jalan menuju ke pantai jelenga, pohon jati dan berbagai pepohonan lain pun menghiasi perjalanan. Akses jalan menuju kawasan obyek wisata di ujung barat pulau sembawa ini masih tergolong tradisional, kita harus melewati jalan bebatuan  yang dikelilingi perbukitan yang indah.

Pantai jelenga ini merupakan pantai yang tergolong masih sangat natural, karena jarang pengunjung yang mengunjungi pantai ini, hanya pada musim-musim tertentu pantai ini ramai pengunjung. Sekalipun tergolong alami dan sepi,  tetapi pantai ini sangat nyaman  dan indah digunakan untuk sunbath, karena udara tropisnya sangat terasa. 



Menikmati keindahan pantai jelenga yang sangat memukau membuat saya terpesona, bentang pantai yang luas dihiasi pasir putih dikelilingi perbukitan batu cadas yang menjorok ke laut, berujung di terumbu karang merupakan salah satu daya tarik objek wisata yang berada di ujung barat pulau sumbawa, udara tropis dan semilir anginpun selalu menemani setiap pengunjung yang ada disini.


Objek wisata pantai jelenga  kini mulai dilirik para wisatawan. Pada bulan-bulan tertentu perairan pantai di objek wisata bahari yang kini masuk wilayah desa beneta, kecamatan jereweh,  kabupaten sumbawa barat ini dihiasi ombak yang bergulung dan pecah di gugusan terumbu karang. pantai ini menjadi daya tarik bagi wisatawan pecandu surfing.



Scar reef, demikian nama ombak di perairan pantai jelenga yang menjadi "surga" bagi para peselancar lokal maupun mancanegara,jenis ombak yang bergulung-gulung berbentuk pipa raksasa ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Pada musim ombak terutama menjelang akhir tahun, hampir setiap hari  wisatawan mancanegara yang sengaja datang ke pantai jelenga, untuk menikmati keindahan yang ada di sini. 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar