Sabtu, 06 Oktober 2012

KEUNIKAN KETAK

KEUNIKAN KETAK
-->


Sebagai daerah tujuan wisata, Lombok tidak hanya menyimpan sejuta pesona alam dan budaya, tetapi juga berbagai macam kerajinan yang sangat menarik. Kerajinan khas Lombok kini menjadi buah tangan yang membawa ciri khas yang berbeda.
Kerajinan khas Lombok telah menjadi tradisi masyarakat, sehingga banyak desa di pulau Lombok, yang berkembang  menjadi pusat-pusat kerajinan tangan, salah satunya yang ada di Kecamatan Lingsar kabupaten Lombok barat.
Dusun Nyurbaya Desa Batu Kekar, Kecamatan Lingsar Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat, merupakan salah satu sentra kerajinan anyaman ketak. Desa yang asri dengan potensi yang menarik.
Ketak (paku hata) atau lygodium circinatun, ini merupakan  tanaman paku-pakuan yang menjalar pada tanaman induk,pokok. sekilas mirip dengan rotan tetapi dengan ukuran yang lebih kecil dan ramping. Bentuknya panjang dan berwarna kuning muda kecoklatan, sifatnya yang keras menjadi kelebihan untuk bisa diolah menjadi barang kerajinan yang unik dan menarik.


Begitu juga yang ada di daerah ini, dengan memanfaatkan sumber daya alam yang berada di hutan sekitar, masyarakatnya dapat  menciptakan kerajinan yang sangat menarik dan memiliki nilai jual yang cukup tinggi. sebelum dimanfaatkan,  ketak dijemur hingga kering untuk mengurangi kadar airnya, kemudian dibelah memanjang.
Dengan piawai para pengrajin menggunakan alat- alat yang masih tradisional. tangan- tangannya terlihat lihai saat mengubah batang-batang ketak menjadi kerajinan anyaman yang sangat memukau, bentuknya yang khas menjadi daya tarik tersendiri. Mulai dari peralatan rumah tangga, kotak perhiasan,  keranjang, tas dan sebagainya.


Ada dua warna khas yang dihasilkan dari anyaman ketak, yakni coklat dan natural. warna coklat keemasan yang mengkilap diperoleh dari proses pemanggangan atau di-oven selama 2 hari 2 malam. Sedangkan warna alami tanpa melalui proses tersebut. 





Seiring perkembangan permintaan pasar kini anyaman ketakpun dimodifikasi dengan warna-warna yang berbeda. dengan proses pewarnaan melalui perebusan selama 4 jam.
Masyarakat yang ada di daerah ini menekuni usaha kerajinan ketak sejak tahun 1986.  Berbekal keterampilan yang turun-temurun menjadikan daerah ini sebagai salah satu pusat kerajinan ketak di Pulau Lombok. 
Dengan memanfaatkan sumber daya alam daerah, dipadukan bersama alat-alat yang sederhana, dibaluti ketekunaan dan ketelitian menghasilkan karya yang luar biasa.


Anyaman ketak, selain mempunyai nilai seni tinggi juga tidak lepas dari pemanfaatan sehari-hari. Kerajinan ketak ini terkenal karena keawetannya dan kemampuannya dibentuk sesuai dengan pesanan penikmatnya. semakin lama disimpan, ketak akan memberikan warna yang lebih eksotis dan cantik.
Kerajinan inipun termasuk kerajinan yang ramah lingkungan, proses finishingnya baik pewarnaan dan pengawetannya tidak mempergunakan bahan sintetis. jadi full organic. Hal ini juga yang menjadikan kerajinan ini banyak diminati oleh pencinta barang seni di domestik maupun mancanegara.


5 komentar:

  1. saia pernah lama di kerajinan lombok (PT. Out Of Asia), termasuk ketak. di beleke jg ada ketak, di tibusisok jg. cuman itu (beleke dan tibosisuk), ndak murni ketak, dicampur rotan, biar lebih murah dan bisa besar2 bentuknya...dibanding dgn ketak semua (nyiur baye). www.amaqteganang.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. O..Y???ketak emang kerajinan yang unik, semakin lama semakin bagus.. tapi ketak yang benar2 asli, mungkin di beleke sudah di modifikasi dengan rotan atau yang lain.

      Hapus
  2. saya sedang mencari pengerajin anyaman ketak.
    mohon informasi tentang pengerajin ketak di lombok.
    bisa hubungi saya:
    tel: 081338581654
    email: narmini@my-plando.com
    ranieami@yahoo.com

    thanx!

    BalasHapus
    Balasan
    1. jika ingin mengetahui lebih banyakk tentang anyaman ketak, boleh silahkan hubungi (Mawar Arthop)alamat : jln. taman sari Nyurbaye gawah desa batu mekar kec. linsar lombok barat NTB. owner Suhartono (081910230975) Mawarianti (0818492372)
      WA : 087 865 555 005 atau bisa di cek di instagram kami @mawar_ketak_lombok
      kami langsung memproduksi ketak tanpa campuran rotan.

      Hapus
  3. Bagus bagus mba...selain ketak mba produksi rotan juka kah....

    BalasHapus